Cakupan
area pasar terlalu luas. Tidak mungkin bagi perusahaan untuk bisa memenuhi
semua kebutuhan pasar. Karena itu perushaan perlu melakukan segmentase yakni membagi pasar menjadi bagian-bagian kecil.
filosofinya adalah jangan coba menjual produk anda ke seluruh pasar. Juallah
pada segmen yang pas. Dengan kata lainperusahaan harus menentukan terlebih
dahulu dengan pelanggan mana ia akan membangun hubungan. Kotler menekankan hal
ini dengan mengatakan Building the Right Relationships with the Right Customers.
PADA
GAMBAR BUAH DIANALOGIKAN SEBAGAI PASAR.
TIDAK SEMUA DAGING BUAH AKAN
MEMBERIKAN POTENSI MANFAAT (KEUNTUNGAN) BAGI PERUSAHAAN. BAHKAN BISA JADI ADA
PERANGKAP YANG MEMATIKAN PERUSAHAAN. KARENA ITU BUAH HARUS DIPISAH-PISAH
(SEGMENT). NANTINYA SEGMEN YANG DIPILIH ITULAH YANG AKAN DIKELOLA.
Segmentase
adalah upaya untuk memahami struktur pasar yakni tindakan mengelompokan konsumen atau pembeli yang memiliki
sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa (homogeny). Kelompok konsumen
yang dikelompokan tersebut disebut segmen pasar. Melalui segmentase pasar,
perusahaan bisa mengidentifikasi peluang pasar yang potensial. Nilai penting
segmentase dengan jelas dikemukakan oleh antara lain Sally Dibb, PhD and Lyndon
Simkin, PhD dalam bukunya “Market Segmentation Success - Making It Happen!”bahwa
melalui segmentase, bukan hanya membuka peluang bagi konsumen untuk membeli
produk, namun juga menjadikan mereka menjadi pelanggan yang loyal
Business
success rests on the ability of an organization to meet the needs of customers.
Market segmentation helps to achieve this objec-tive. The rationale is
straightforward: providing the right products and services leads to satisfied
customers, who are more likely to buy the products again or become loyal to the
organization’s products.
Secara ringkas :
Market
Segmentation is division of the total market into smaller, relatively
homogeneous groups
Segmentation:
The dividing of a market’s customers into subgroups in a way that optimizes the
firm’s ability to profit from the fact that customers have different needs,
priorities, and economic levers.( Frank Wyman, Ph.D “ Best
Segmentation Practices and Best Segmentation Practices and Targeting Procedures
that Provide the most Client-Actionable Strategy)
Definisi diatas dapat dianalogika
dengan kegiatan seorang nelayan” seorang nelayan tidak melemparkan kailnya
begitu saja disetiap sisi lautan yang dilaluinya. Ia tau ia harus menuju
kesuatu lokasi yang memungkinkannya untuk mendapat hasil tangkapan (profit)
yang lebih besar. laut terlalu luas dan si nelayan paham hanya beberapa bagian
dari lautan yang menarik sebagai tempat untuk memancing. Menarik karena ia
tidak harus membuang seluruh energinya.
Tahapan
segmentase adalah suatu perencanaan tindakan. Tahapan ini mengarahkan strategi
pemasaran. Evidence suggests that
successful organizations routinely use segmentation principles to guide their
marketing strategy (Michael Lynn - Cornell University School)
Bahkann
the words of Theodore Levitt, ‘If you’re not thinking segments, you are not
thinking marketing.’
Read also
No comments:
Post a Comment
Please leave acomment.
I`ll Reply it soon