PENGANTAR
Pendekatan
STEP dapat digambarkan sebagai berikut :
Tidak
jarang ada ungkapan menyatakan Pelanggan
adalah Raja – ungkapan ini ada benarnya karena sebagai raja, keputusannya
tidak dapat diganggu gugat dan bahkan melanggar keputusannya bisa berakibat
hukuman mati. Adalah kewajiban bagi semua pihak yang melayani raja untuk
mengetahui apa keinginan dan kebutuhan dan raja.
Bila
konteks ini ditempatkan dalam perspektif hubungan “bisnis dan pelanggan” maka
bisnis harus menawarkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya. Dalam
cara ini produk bisa dipasarkan dan laku. Bahkan beberapa penulis menyebutkan
resep sukses organisasi yakni “ Organisasi bisa sukses hanya bila mampu memuaskan
kebutuhan pelanggannya”.
Ini
bukan pekerjaan mudah mengingat ada banyak raja yang ada dalam suatu pasar
dengan kebutuhan dan pengharapan yang tidak konstan – terus mengalami
perubahan. Tiap pembeli unik dari segi motivasi dan perilaku maupun kebiasaan
dalam membeli. Misalnya saja .. Si A menyukai bahan bangunan yang berwarna
merah, senang rasa pedas, kopi hitam. Lain halnya Si B yang suka kombinasi kopi
dan susu, masakan kecut, dan lain sebagainya. Perbedaan ini bisa saja didorong
oleh factor seperti ragam kebutuhan, keinginan, kemampuan membeli, dan perilaku
serta tuntutan pembelian. Pasar memang punya perilaku sendiri yang didorong
oleh perilaku para pelaku yang ada didalamnya.
Lalu
apa yang bisa dilakukan perusahaan untuk bisa sukses?
Michael
Lynn - Cornell University School , dalam tulisannya berjudul Segmenting and
Targeting Your Markets: Strategies and Limitations mengatakan bahwa “ Almost any marketing textbook will tell you
that the key to successful marketing can be summed up by the STP strategy—that
is, segmentation, targeting, and positioning. Pendekatan ini didasari oleh
premis bahwa dengan beragamnya kebutuhan dan keinginan pasar serta keterbatasan
sumberdaya dan kapabilitas perusahaan, maka sulit bagi perusahaan untuk
memenuhi segala kebutuhan pelaku pasar yang berbeda.
Untuk
sukses maka perusahaan perlu menerapkan strategi pemasaran STP - SEGMENTATION – TARGETING – POSITIONING. Menurut
Michael Lynn, segala tindakan pemasaran yang sukses dapat dirangkum dalam
strategi ini. Untuk mudah diingat kita sebut saja istilah ini dengan strategi STEP
(LANGKAH) atau dibahasakan langkah (step) untuk sukses dibidang pemasaran .
Kotler menyebut pendekatan ini sebagai membangun hubungan yang baik dengan
customer yang tepat - Building the Right Relationships with the Right Customers
Read also
No comments:
Post a Comment
Please leave acomment.
I`ll Reply it soon