Sunday, March 6, 2016

SEGMENTASE - DEFINISI

Cakupan area pasar terlalu luas. Tidak mungkin bagi perusahaan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pasar. Karena itu perushaan perlu melakukan segmentase yakni membagi pasar menjadi bagian-bagian kecil. filosofinya adalah jangan coba menjual produk anda ke seluruh pasar. Juallah pada segmen yang pas. Dengan kata lainperusahaan harus menentukan terlebih dahulu dengan pelanggan mana ia akan membangun hubungan. Kotler menekankan hal ini dengan mengatakan Building the Right Relationships with the Right Customers.

PADA GAMBAR BUAH DIANALOGIKAN SEBAGAI PASAR.
TIDAK SEMUA DAGING BUAH AKAN MEMBERIKAN POTENSI MANFAAT (KEUNTUNGAN) BAGI PERUSAHAAN. BAHKAN BISA JADI ADA PERANGKAP YANG MEMATIKAN PERUSAHAAN. KARENA ITU BUAH HARUS DIPISAH-PISAH (SEGMENT). NANTINYA SEGMEN YANG DIPILIH ITULAH YANG AKAN DIKELOLA.
Segmentase adalah upaya untuk memahami struktur pasar yakni tindakan  mengelompokan konsumen atau pembeli yang memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa (homogeny). Kelompok konsumen yang dikelompokan tersebut disebut segmen pasar. Melalui segmentase pasar, perusahaan bisa mengidentifikasi peluang pasar yang potensial. Nilai penting segmentase dengan jelas dikemukakan oleh antara lain  Sally Dibb, PhD and Lyndon Simkin, PhD dalam bukunya “Market Segmentation Success - Making It Happen!”bahwa melalui segmentase, bukan hanya membuka peluang bagi konsumen untuk membeli produk, namun juga menjadikan mereka menjadi pelanggan yang loyal
Business success rests on the ability of an organization to meet the needs of customers. Market segmentation helps to achieve this objec-tive. The rationale is straightforward: providing the right products and services leads to satisfied customers, who are more likely to buy the products again or become loyal to the organization’s products.
 Secara ringkas :
Market Segmentation is division of the total market into smaller, relatively homogeneous groups
Segmentation: The dividing of a market’s customers into subgroups in a way that optimizes the firm’s ability to profit from the fact that customers have different needs, priorities, and economic levers.( Frank Wyman, Ph.D “ Best Segmentation Practices and Best Segmentation Practices and Targeting Procedures that Provide the most Client-Actionable Strategy)
Definisi diatas dapat dianalogika dengan kegiatan seorang nelayan” seorang nelayan tidak melemparkan kailnya begitu saja disetiap sisi lautan yang dilaluinya. Ia tau ia harus menuju kesuatu lokasi yang memungkinkannya untuk mendapat hasil tangkapan (profit) yang lebih besar. laut terlalu luas dan si nelayan paham hanya beberapa bagian dari lautan yang menarik sebagai tempat untuk memancing. Menarik karena ia tidak harus membuang seluruh energinya.
Tahapan segmentase adalah suatu perencanaan tindakan. Tahapan ini mengarahkan strategi pemasaran. Evidence suggests that successful organizations routinely use segmentation principles to guide their marketing strategy (Michael Lynn - Cornell University School)
Bahkann the words of Theodore Levitt, ‘If you’re not thinking segments, you are not thinking marketing.’
Read also

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner