Wednesday, March 2, 2016

Strategi Pemasaran STP (SEGMENTATION – TARGETING – POSITIONING)

PENGANTAR
Pendekatan STEP dapat digambarkan sebagai berikut :
 
Tidak jarang ada ungkapan menyatakan Pelanggan adalah Raja – ungkapan ini ada benarnya karena sebagai raja, keputusannya tidak dapat diganggu gugat dan bahkan melanggar keputusannya bisa berakibat hukuman mati. Adalah kewajiban bagi semua pihak yang melayani raja untuk mengetahui apa keinginan dan kebutuhan dan raja.
Bila konteks ini ditempatkan dalam perspektif hubungan “bisnis dan pelanggan” maka bisnis harus menawarkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya. Dalam cara ini produk bisa dipasarkan dan laku. Bahkan beberapa penulis menyebutkan resep sukses organisasi yakni “ Organisasi bisa sukses hanya bila mampu memuaskan kebutuhan pelanggannya”.

Ini bukan pekerjaan mudah mengingat ada banyak raja yang ada dalam suatu pasar dengan kebutuhan dan pengharapan yang tidak konstan – terus mengalami perubahan. Tiap pembeli unik dari segi motivasi dan perilaku maupun kebiasaan dalam membeli. Misalnya saja .. Si A menyukai bahan bangunan yang berwarna merah, senang rasa pedas, kopi hitam. Lain halnya Si B yang suka kombinasi kopi dan susu, masakan kecut, dan lain sebagainya. Perbedaan ini bisa saja didorong oleh factor seperti ragam kebutuhan, keinginan, kemampuan membeli, dan perilaku serta tuntutan pembelian. Pasar memang punya perilaku sendiri yang didorong oleh perilaku para pelaku yang ada didalamnya.
Lalu apa yang bisa dilakukan perusahaan untuk bisa sukses?
Michael Lynn - Cornell University School , dalam tulisannya berjudul Segmenting and Targeting Your Markets: Strategies and Limitations mengatakan bahwa “ Almost any marketing textbook will tell you that the key to successful marketing can be summed up by the STP strategy—that is, segmentation, targeting, and positioning. Pendekatan ini didasari oleh premis bahwa dengan beragamnya kebutuhan dan keinginan pasar serta keterbatasan sumberdaya dan kapabilitas perusahaan, maka sulit bagi perusahaan untuk memenuhi segala kebutuhan pelaku pasar yang berbeda.
Untuk sukses maka perusahaan perlu menerapkan strategi pemasaran STP - SEGMENTATION – TARGETING – POSITIONING. Menurut Michael Lynn, segala tindakan pemasaran yang sukses dapat dirangkum dalam strategi ini. Untuk mudah diingat kita sebut saja istilah ini dengan strategi STEP (LANGKAH) atau dibahasakan langkah (step) untuk sukses dibidang pemasaran . Kotler menyebut pendekatan ini sebagai membangun hubungan yang baik dengan customer yang tepat - Building the Right Relationships with the Right Customers
Read also
 


No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner