Studi
Kasus 1 : National Air Express
National Air
adalah sebuah perusahaan air-express dengan kantor yang tersebar diseluruh
Negara bagian. Frank Smith, manajer pada wilayah operasi Chatanooga, kota
Tennesee sedang mempersiapkan laporan budget pertriwulan, yang akan
dipresentasekan pada rapat regional Area Tenggara minggu depan. Dia sangat
kuatir mengenai penambahan biaya modal untuk operasi saat bisnis meningkat
cukup besar. Seingatnya, ini telah menjadi tiga bulan pertama paling
buruk, Terjadi badai salju, gempa bumi dan musim dingin yang parah. Frank telah
meminta Martha Lewis, supervisor lapangan, membantunya untuk meninjau data yang
tersedia dan menawarkan alternative solusi.
Metode
Layanan
Perusahaan
National Air menawarkan layanan pengantaran kilat via udara dalam waktu satu
malam yang diantarkan langsung kerumah pelanggan ( door-to-door overnight air-express
delivery) dalam wilayah Amerika serikat. Smith dan Lewis adalah manajer armada yang terdiri
atas 24 buah truk yang menangani pengangkutan dalam area Chattanooga. Rute
dirancang berdasarkan area, biasanya digambarkan dengan batasan kode pos, nama
jalan utama, atau ciri utama geografis seperti Tennessee River. Penjemputan
biasanya ditangani dari jam 3.00 P.M dan 6.00 P.M., senin hingga Jumat. Rute
pengemudi adalah paduan antara tempat pemberhentian harian yang terjadwal
secara regular dan titik penjemputan nasabah yang menelpon. Perintah
Penjemputan yang ditentukan dari telepon masuk disebarkan informasinya melalui
radio kepada supir.
Komitmen
dibuat terlebih dahulu mengenai tempat penjemputan regular dilakukan dengan
memperhatikan bahwa paket telah siap. Meskidemikian, sebagian besar panggilan
telepon nasabah menginginkan agar penjemputan dilakukan selambat mungkin, yakni
tepat sebelum jam kerja berakhir (biasanya jam 5 sore).
Saat
supir tiba pada masing-masing lokasi penjemputan, supir akan memberikan
perlengkapan seperlunnya (amplop atau kotak bila diminta) dan sebagian besar
menerima tagihan yang telah dilengkapi untuk masing-masing paket.
Karena
industry benar-benar sangat kompetitif, supir professional dan sopan penting
untuk mempertahankan pelanggan. Oleh karena itu, Smith selalu kuatir para supir
akan membuat para nasabah buru-buru melengkapi paketnya.
Pertimbangan
budget
Smith
dan Lewis mendapati bahwa dalam tiga bulan terakhir mereka tidak dapat memenuhi
permintaan nasabah untuk penjemputan yang telah dijadwalkan sebelumnya.
Walaupun secara rata-rata para supir tidak dalam kondisi sibuk dengan bisnis,
para supir tidak bisa tiba dilokasi penjemputan tepat waktu. Smith tidak
berpikir dia mampu memberikan alasan atas kenaikan biaya sebesar $ 1,200
untuk tambahan truk dan supir saat nilai produktifitas tetap (diukur dengan
rasio pengapalan per truk/hari). Perusahaan sendiri telah menetapkan diri
sebagai operator berbiaya rendah dalam industry pengantaran paket dibarengi
dengan komitmen terhadap layanan berkualitas dan nilai untuk pelanggannya.
Pertanyaan
diskusi
1.
Apakah ukuran produktifitas yang
dinyatakan dalam rasio kiriman per hari per truk masih berguna? Apakah ada
alternative lainnya yang efektif?
2.
Apa Hal lain apa yang bisa dilakukan
untuk menurunkan variabilitas penjemputan pesanan yang masuk melalui telepon?
Bisakah supir diharapkan ada pada beberapa lokasi sekaligus pada pukul 5 sore?
3.
Bagaimanakah seharusnya kita
mengukur kinerja penjemputan paket kiriman? Apakah standard berguna dalam
lingkungan yang dipengaruhi oleh cuaca, lalu lintas dan variable acak lainnya?
Apakah perusahaan lainnya menghadapi permasalahan yang sama?
Studi
kasus : Mini-Lube, INC
Terdapat
pasar yang besar dan berkelanjutan untuk toko pelumas dan tune-up mobil.
Permintaan ini diakibatkan perubahan pola pembelian konsumen yang didorong oleh
berkembang pesatnya stasion pengisian bahan bakar yang dioperasikan sendiri (self-service
gas station). Konsumen sekarang mengisi sendiri bahan bakarnya,
membuat penghentian kedua yang perlu untuk melakukan lubrikasi dan
penggantian oli. Sebagai konsekuensinya, Mini-lube, Mobil-lube, Jiffy-lube dan
perusahaan lainnya mengembangkan sebuah strategi untuk menyesuaikan diri pada
peluang ini.
Stasiun
Minit-Lube melakukan penggantian oli, lubrikasi dan pembersihan interior dalam
lingkungan yang bersih. Bangunannya bersih, dicat dengan warna putih, dan
kadangkala dikelilingi oleh taman yang dihias dengan rapi. Untuk memudahkan
layanan cepat, mobil bisa dijalankan berbaris tiga.
Pada
Minit-lube, pelanggan disambut oleh karyawan perwakilan servis lulusan sekolah
Minit-Lube di Salt Lake City. Sekolah ini bukanlah seperti Universitas McDonald’s Hamburger dekat kota Chicago atau sekolah pelatihan Holiday Inn’s di kota Memphis. Karyawan selanjutnya mengambil pesanan,
biasanya mencakup pesanan untuk pengecekan cairan (oli, air, oli
transmisi, pelumas) , tindakan fabrikasi, serta penggantian saringan oli dan
udara.
Personalia
servis yang berpakaian seragam akan menindaklanjuti pengerjaan pesanan. Team
standard yang terdiri atas tiga orang berbagi tugas yakni satu orang mengecek
level cairan, satu orang bertugas membersihkan bagian interior dengan alat
penghisap debu dan membersihkan jendela mobil, dan yang ketiga bertugas pada
pit garasi melakukan penggantian saringan udara, mengeluarkan oli bekas,
mengecek transmisi dan kardan serta melakukan lubrikasi seperlunya.
Penyelesaian
tugas secara tepat dan pelatihan yang baik dirancang agar proses pengerjaan
dari saat mobil masuk hingga keluar berlangsung dalam 10 menit. Ide dasarnya
yakni tidak adalagi pengenaan tambahan biaya, bahkan biayanya bisa lebih
sedikit dibanding stasiun pompa bensin dan Dealer mobil, sambil tetap
memberikan layanan yang lebih baik.
Pertanyaan
diskusi
1. Apa
misi Minit-Lube ?
2. Bagaimana
cara strategi operasi memberi keuntungan kompetitif?(Petunjuk: evaluasi
cara pesaing tradisional Minit-lube menjalankan 10 aspek keputusan manajemen
operasi dibanding cara Minit-Lube menjalankannya)
3. Mungkinkah
Minit-lube meningkatkan produktifitasnya dibanding para pesaing tradisionalnya?
Sebutkan alasannya? Bagaimana cara mengukur produktifitas dalam industry ini?
No comments:
Post a Comment
Please leave acomment.
I`ll Reply it soon