Sunday, July 12, 2015

Ada apa dengan Ramadhan


May.. saya mau bercerita tentang ramdhan.
Ramadhan hampir usai. Saat ini kutulis, telah memasuki hari ke 25. Kata para ustad, ini fase ketiga. Jadi ada 3 fase, per sepuluh hari. 1 bulan dari 11 bulan, itulah ramdahan. Bulan mulia yang disambut oleh umat muslim, dan diapresiasi oleh umat lainnya. Suatu bentuk toleransi kan May..
Ada apa dengan ramadhan? Kenapa dimuliakan? Mungkin ini harus dijawab jauh hari, bukan sekarang, bahkan sebelum memasuki ramadhan itu sendiri. Jawaban atas pertanyaan ini saya pikir bisa dan seharusnya dapat membekali diri dengan sesuatu yang berarti oleh-oleh setelah lepas ramadhan. Kenang-kenangan yang akan dibawa untuk menjalani hari-hari mendatang.Kenapa dimuliakan? Saya belum bisa menjelaskan itu secara rinci. Belum sampai ilmunya. saya hanya baru bisa menuliskan ulang  sebagian dari perspektif para ustad. Bahwa ada banyak peristiwa relijius yang terjadi dibulan ini, bahwa ada banyak keistimewaan dibulan ini.
Siapa yang memuliakan Ramadhan?
Menurutku jawabannya adalah siapa saja yang dengan ikhlas memuliakannya. Dan yang hanya memuliakannya yang akan mendapat keistimewaan yang dikandung dalam bulan ini.  Dari ceramah para ustad, dimesjid ataupun ditelevisi bahwa . Dalam 11 bulan sebelumnya, kita mungkin terlalu bandel. Disengaja atau tidak disengaja. Bahwa kita telah menjadi tidak seimbang. Ilmu Keduniaan telah menjadi pedoman utama kita. Ramadhan hadir mengingatkan. Bukan untuk meninggalkan keduniaan, namun bagaimana agama seharusnya hadir dalam setiap urusan keduniaan. Harus ada keseimbangan.
Semoga ramadhan bisa menjadikan kita insan yang seimbang lahir bathin. Ada nilai yang kita bawa dan menetap dalam hati untuk menjalani hari-hari. Semoga kita tidak terjebak dengan trend umum bahwa nilai agama hanya untuk bulan tertentu saja dalam kalender.
Selamat menyambut hari idhul fitri
Mohon maaf Lahir Bathin

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner