Saturday, May 9, 2015

TIME MANAGEMENT : JADILAH MANAJER WAKTU YANG HANDAL



Pagi datang dan dalam hitungan jam, malam muncul. Saat pagi datang kita pun bersegera untuk kekantor. Rutinitas kerjaan kantor menunggu. Saat malam tiba , kita pun bersiap menuju kekampus. Dosen telah siap mempresentasekan materi kuliah.
Pagi datang dan dalam hitungan jam, malam muncul. Ini Terus berulang, berulang dan berulang. Dari zaman nenek moyang, sekarang dan kapanpun nanti dimasa mendatang , didunia nyata maupun dalam komik , one pice,  fakta tentang waktu tetap akan sama; 168 = Hours Per Week ; 86,400 = Seconds Per Day. 24 hours a aday. 365 days a year.
 
Apa arti angka-angka ini?.... 
Bahwa waktu adalah sumberdaya yang kita miliki dalam jumlah yang sama. Si A, Si B, si C, ataupun si Kaya, si Miskin, Si Ganteng ataupun si Buruk rupa, Kaum tua, kaum anak-anak maupun kaum muda, jumlah yang dimiliki sama. Juga Bahwa waktu bukannya tidak terbatas. Karena itu waktu dinyatakan dalam satuan angka. Kita tidak pernah melihat jam dengan symbol tak terhingga kan.? Bila ada saya juga mau satu.
Waktu terus berjalan.. kita menyadari semua itu. Namun kesadaran kadang tidak cukup menjadi pelajaran berarti untuk terhindar dari berbagai masalah. Masalah stress akibat tekanan pekerjaan dikantor, akibat beban tugas dikampus, akibat deadline hutang yang harus dibayar. Kita selalu terjebak dalam perangkap masalah. Saya atau anda , siapapun pernah berucap sendiri ketika berhadapan dengan tugas yang dead line “ seandainya kemarin itu saya tidak ikut acara party teman, pekerjaan ini sudah selesai? ; “ kalau saja tugas survey ini diberitahukan satu minggu sebelumnya, bukannya tiga hari, laporannya pasti bisah difinalisasi sekarang? “ kalau saja jam kuliah bisa diundur, saya bisa lebih segar dan focus selama perkuliahan?”Tapi semua pengandaian itu menjadi tidak ada gunanya. Bos akan menilai buruk kinerja kita karena tidak menyetor tugas, dosen akan memberi nilai kurang karena ketidakhadiran kita dikampus. Semuanya bisa menyebabkan kita stress.
 
Kita tentu tidak ingin selalu berhadapan pada persoalan ini. Ya , kita tidak boleh terus menerus demikian. Kalau dipikir-pikir, masalah diatas penyebab utamanya adalah waktu. IT IS ALL ABOUT TIME, Kita telah kehabisan waktu . Kita juga tidak bisa mengembalikan waktu dihari-hari yang telah lewat. Pilihan  penggunaan waktu kita dimasa lampu telah menjauhkan kita dari hal penting dan disadari atau tidak kit menggali lubang perangkap sendiri. Semuanya adalah berhubungan dengan waktu, lebih tepatnya MANAJEMEN WAKTU.

Ungkapan bahwa selalu ada hari esok ternyata menjadi sebuah perangkap. Faktanya  bahwa penyelesaian tugas kampus atau kantor tidak akan menunggu hari esok bila telah deadline. Bila kematian telah harus dating, tidak ada lagi untuk hari esok.  Siap atau tidak siap semua harus berakhir. Untuk itu penting untuk dingat:

         Time is about our life, not their life                         
          It’s about CHOICE.
          We cannot recapture   time that is lost.
         Live in the present: the past cannot be changed, and the future is the direct result of what you do right now!
Jadilah manajer waktu yang handal, itulah obat stress yang paling murah
Read also :


No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner