Sunday, August 16, 2015

Selling dan Sales force


Selling process adalah tahapan yang dilalui oleh seorang penjual dalam melakukan aktivitas penjualan, mulai saat mencari calon pelanggan baru hingga saat memberikan layanan purna jual kepada pelanggan yang telah didapatkan. Untuk hasil yang lebih baik, tahapan ini harus dijalankan secara sistematis secara terus menerus.

Sales force menjadi penghubung antara perusahaan (produk) dengan pembeli, seperti ditunjukan pada bagan berikut

Jadi salesforce adalah duta perusahaan. Bukan hanya mempengaruhi hasil penjualan, namun juga secara umum akan mempengaruhi image perusahaan. Bagus tidaknya pencapaian penjualan bergantung pada salesforce.

Keberhasilan salesforce dipengaruhi :


- Kemampuan individu : teknik komunikasi DAN negosiasi
- Kemampuan manajer dalam memotivasi tim salesforce
Mengutip hal yang ditulis dalam buku HawletPackard Way : … sering sekali dua tim yang bertanding masing-masing mempunyai pemain yang baik. Dalam kasus ini, kerjasama tim menjadi penting sekali. Kalau (tiap tim) sama-sama mempunyai pemain yang baik dan kerjasama tim yang baik pula, tim dengan kemauan yang paling keras untuk menang akan unggul.

….. Dapatkan orang-orang yang terbaik, tekankan pentingnya kerjasama tim, dan kobarkan semangat mereka untuk memenangkan pertandingan.


Inillah kiranya yang bisa menjadi jawaban atas pertanyaan Apa pembeda antara sales force ? mengapa sales perusahaan A bisa lebih sukses dibanding lainnya, bahkan diantara sales dalam satu perusahaan bisa berbeda .


Yang membedakan adalah aspek personalia sales force : ASK (Atitude, Skill, Knowledge) dan selanjutnya tentu saja adalah bagaimana peran para manajer sales dalam mengelola tim sales.
 

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner