Tuesday, January 5, 2016

Ubi Ungu

Ubi jalar ungu biasanya sering dianggap sebagai makanan kampungan namun di balik itu semua, ubi jalar ungu ini  memiliki serangkaian kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh diantaranya , kalium, magnesium, tembaga, lisin, vitamin C dan E, vitamin B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan tentunya sumber karbohidrat. Ada juga kandungan mineral berupa zat besi (Fe), kalsium (Ca), dan fospor (P).
sumber gambar : 
 
Warna kuning, ungu atau gelap pada ubi jalar menandakan tingginya kandungan antioksidan dan betakaroten. Menurut The US Sweet Potato Council Inc, Ubi jalar yang dimasak bersama dengan kulitnya lebih banyak memberikan serat daripada oatmeal. Rasanya yang manis tidak akan menyebabkan penyakit diabetes karena rendah kalori.  Juga Ubi jalar tidak mengandung lemak sama sekali sehingga makanan ini aman bila dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua.

Beberapa manfaat :

Menjaga Berat Badan

Ubi jalar beserta kulitnya banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks, sehingga akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Jadi terhindar dari makan yang tidak sehat, dan bisa membuat  jumlah gula darah tetap stabil. Ubi jalar mengandung jenis serat larut , yang membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah.
Melancarkan aliran darah
antosianin pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan, mampu melakukan penyerapan terhadap polusi udara. Oksidasi dalam tubuh juga menghambat terjadinya penggumpalan darah

Mencegah Kanker

Ubi jalar mengandung banyak beta karoten. Nutrisi ini merupakan zat yang bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah kanker  

Melancarkan Pencernaan
serat dan pektin melancarkan pencernaan , jadi bermanfaat dalam upaya pencegahan gangguan yang terjadi pad pencernaan seperti sembelit, wasir, sembelit sampai kanker kolon.

Menjaga Tekanan Darah

Ubi jalar kaya akan kalium, penting untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, kalium juga berperan aktif untuk mengendalikan fungsi otot dan fungsi saraf.
Merawat kecantikan kulit agar penampilan selalu cerah dan cantik.
kandungan karotenoid nya efektif sebagai anti-aging atau anti penuaan dini karena zat ini akan bekerja melawan radikal bebas pada tubuh untuk meningkatkan imunitas. Juga kandungan vitamin C akan memproduksi kolagen dalam tubuh sehingga berperan aktif menjaga kekencangan kulit dan tidak mudah keriput.

Mencegah sakit maag
Kandungan Vitamin B kompleks, vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif untuk membantu mengurangi peradangan pada lambung. Selain itu, serat dalam ubi jalar juga bermanfaat mencegah sembelit dan asam lambung. Sementara itu sifat anti inflamasi ubi jalar juga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada lambung.
Meningkatkan system Imun
Ubi juga memiliki kandungan vitamin C yang meningkatkan sistem imun dan mencegah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti flu dan batuk.

http://kesehatan96.blogspot.com/2013/04/khasiat-ubi-ungu-bagi-kesehatan.html
http://www.1000macammanfaat.com/2014/04/manfaat-ubi-ungu.html
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-gizi-dan-manfaat-ubi-jalar-ungu.html
http://konsultasisehat.com/manfaat-ubi-jalar-ungu-bagi-tubuh.html

Read also
http://cooking-varieties.blogspot.co.id/2012/06/anti-wrinkle-foods-what-is-cohttp://cooking-varieties.blogspot.co.id/2012/06/anti-wrinkle-foods-what-is-collagen.htmlllagen.html
 

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner