Pilihan
konsentrasi pada program magister manajemen UNHAS angkatan 2014 terdiri atas :
MM UNHAS |
- Manajemen keuangan
- Manajemen sumberdaya manusia
- Manajemen pemasara
- Manajemen strategi
Tentu
saja pilihannya terserah masing-masing minat peserta. Gak ada paksa memaksa. Pilihan
ini menjadikan peserta yang telah bersama sama satu kelas pada semester satu
dan dua berpisah kelas sesuai dengan konsentrasi yang diminati. Pendalaman atau
penjurusan ini berlangsung pada semester tiga. Sebenarnya Pada saat pendaftaran
awal, yang biasanya dimulai pada januari
, Calon peserta telah ditanyai rencana konsentrasi yang akan didalami (LIHAT GAMBAR PADA HALAMAN TERAKHIR). Pendaftaran Calon
Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017
Tahun 2016 Tanggal Pendaftaran 02 Januari 2016 s/d 31 Maret 2016 (http://pasca.unhas.ac.id/camaba/).
Pada 2014, proses pendaftaran telah dimulai pada periode April dan
pengumuman dilakukan pada periode juni 2014.
Saya
sendiri memilih...
konsentrasi manajemen strategi. Apa alasannya? Pertama ya..
suka-suka saya (3S)- hahaha.. just joking. Alasannya adalah karena e karena.. saya tidak paham mengenai bidang ini. Bisa dikatakan untuk konsentrasi lain saya bisa dikit-dikit pahamlah. Maklum , bidang keuangan, sumberdaya manusia, dan pemasaran adalah dunia yang telah lazim ditemui dalam perusahaan. Interaksi dengan departemen ini sudah sering dalam kehidupan diperusahaan.
Dalam
pemahaman sederhana saya, kegiatan pada masing – masing konsentrasi diatas
yakni :
orang – orang keuangan akan
berurusan dengan duit perusahaan - mengatur agar kegiatan perusahaan tidak
terbengkalai dengan jalan mengalokasikan dana operasional, misalnya pembayaran
gaji dan jamsostek, pembayaran untuk pembelian tunai maupun hutang peralatan, mesin, spare part, asset dan
lainnya, pinjaman dari investor. Untuk itu harus dipikirkan sebuah sumber
pendanaan yang sehat. Bisa saja sumbernya adalah menunda pembayaran satu
kegiatan untuk selanjutnya dialokasikan kepada kegiatan lainnya. Pilihan tindakan
ini bisa jadi jebakan. Penundaan satu kegiatan malahan bisa saja akan
merepotkan orang-orang keuangan itu sendiri karena penundaan itu mungkin
berarti menghambat masuknya uang dalam jumlah besar.
Lalu Marketing,
akan berurusan dengan bagaimana produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan
bisa dikenal melalui aktivitas pemasarannya, misalnya iklan, kinerja aktivitas
sales. Outputnya, produk akan mau dibeli oleh pelanggan. Makin banyak jumlah
pembeli tentu makin bagus. Fakta ini dengan sendirinya menghadirkan tantangan
karena menciptakan transaksi dalam jumlah besar bukan pekerjaan mudah. Terlebih
ada perusahaan lain yang juga menawarkan produk dengan fungsi dasar yang sama. Berpacu
dengan pesaing untuk merebut hati pelanggan bukan perkara mudah.
DATA MAHAISAWA |
PILIHAN KONSENTRASI |
Lalu
bagaimana dengan manajemen strategi
? itu dia yang mau ditau lebih dalam. Apakah aktivitas strategi tidak berkaitan
dengan aktivitas keuangan, marketing, sumberdaya manusia? Apakah ia berdiri
sendiri?
Selamat
membaca.. Please tinggalkan pesan...
No comments:
Post a Comment
Please leave acomment.
I`ll Reply it soon