Pengantar
Ada
beberapa strategi bisnis yang cukup terkenal yang dapat diterapkan dalam
menghadapi kompetisi antara lain strategi competitive advantage, atau strategi Porter (Sesuai dengan nama
pengusulnya Michael E. Porter, Professor Harvard).
- 1. Ancaman masuknya pendatang (pebisnis) baru
- 2. Persaingan diantara perusahaan yang telah ada
- 3. Tekanan dari produk pengganti
- 4. Kekuatan penawaran oleh pembeli (bargaining power of buyer)
- 5. Kekuatan penawaran oleh supplier (bargaining power of supplier)
Secara ringkas
kondisi diatas dapat digambarkan sebagai berikut :
Kekuatan
gabungan dari penggerak kompetisi ini, menentukan potensi laba yang diraih
perusahaan dalam suatu industry. Untuk itu perencanaan bisnis juga harus
memasukan pertimbangan konsep lingkungan industry (analisis industry), bukan hanya varibel remote environment, untuk selanjutnya menetapkan strategi. Untuk
membangun competitive advantage , ada tiga strategi Competitif :
- Cost leadership
- 2. Differentiation
- 3. Focus
No comments:
Post a Comment
Please leave acomment.
I`ll Reply it soon