Saturday, December 12, 2015

Strategic Leadership : Esensi kepemimpinan strategis : bagian 1

tugas manajemen : strategic leadership; 
Lingkungan bisnis pada abad ke-21 dicirikan oleh kondisi kompetitif yang tidak pasti, kompleks dan dinamis. Untuk tetap survive dan lebih unggul perusahaan bukan lagi hanya menyandarkan diri pada kelimpahan sumber daya yang dimiliki , namun sumber daya tersebut juga harus memiliki karakteristik karakteristik : berharga (valuable) dan jarang (rare) maka sumber daya akan sulit ditiru dan tidak tergantikan, maka competitive advantage yang diraih dapat berkelanjutan (Barney, 1991; Kuratko, Ireland & Hornsby, 2001).
Namun itu juga masih belum cukup.
Dengan menggunakan analogi dibidang olah raga, Michael A. Hitt dan R. Duane Ireland, (2002) menjelaskan contoh dimana tim dengan talenta kuat (level sumberdaya tinggi) tidak mampu memenangkan semua pertandingan mereka dan kalah dari tim dengan talenta yang lemah. Kondisi ini mengesankan bahwa terdapat perbedaan penting lainnya antara kedua tim ini disamping perbedaan dari segi talenta yang dimilikinya. Penulis berargumen bahwa elemen yang hilang yakni kepemimpinan dalam manajemen sumber daya tim.
Kondisi ini secara jenaka ditunjukan dalam pernyataan seorang anak kepada ayahnya (http://davidknappfisher.com/2014/life-happens/12-sure-fire-traits-of-leadership-anyone-can-implement-right-now) ..” thanks pop, but todays kids do not want money, they want leadership”
Ini dapat ditafsirkan kurang lebih : uang (yang oleh sebagian besar dipandang sebagai sumberdaya paling utama) bukanlah sumberdaya signifikan yang dibutuhkan, namun kepemimpinan yang harus diperlihatkan.
Karena itu berlaku prinsip the man behind the gun-Dengan kata lain perlu pengelolaan sumberdaya harus dilakukan dalam cara yang bisa memaksimalkan nilai sumberdaya pada masa sekarang dan secara berkelanjutan terus mempertahankan nilai keuanggulan tersebut untuk operasi dimasa mendatang. Peran pemimpin menjadi sentral dalam pengelolaan sumberdaya.

Kotter (1982) menyatakan bahwa esensi dari kepemimpinan strategis adalah mengelola sumber daya; aktivitas manajerial ini merupakan bagian vital yang seringkali menjadi beban pekerjaan yang berat bagi para eksekutif (Kotter,1982)
Pertanyaan selanjutnya yang perlu dikaji lebih jauh yakni :

  • Ada banyak sumber daya perusahaan, yang mana yang merupakan esensi dari aktivitas manajerial oleh pemimpin strategis 
  • Bagaimana cara pemimpin strategis mengelola sumberdayanya dalam menciptakan nilai untuk perusahaan (Model pengelolaan sumber daya yang bisa dijadikan pedoman oleh pemimpin strategis )
Referensi
Michael A. Hitt., &, R.. Duane Ireland. (2001). The Essence of Strategic Leadership : Managing Human and Social Capital

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner