Tuesday, September 20, 2011

Kamus Berjalan Buton

Diringkas dari  Koran Nasional “ KOMPAS” , edisi  kamis 4 agustus 2011

Siapapun yang berkunjung ke pulau  Buton dan  ingin mengetahui sejarah, kebudayaan , kesultanan Buton , Hazirunlah salah satu nara sumber yang harus dituju. Ia bagaikan kamus berjalan untuk  sejarah dan kebudayaan buton. Ia berkediaman di Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum , kota Bau-bau Sulawesi Tenggara.
Kesultanan Buton yang berdiri pada tahun 1540 hingga 1960 merupakan kerajaan maritime yang menguasai pulau Buton dan dan pulau-pulau sekitarnya diselatan Sulawesi tenggara.  Orang yang berkunjung padanya bukan hanya dari dalam  negeri, namun juga ada yang berasal dari Jepang, Belanda, Amerika serikat, dan korea selatan.
Kakeknya yang bergelar Bontona Gundu-gundu merupakan salah satu anggota Sio Limbona, dewan tertinggi kesultanan Buton yang mengangkat dan memberhentikan sultan.  Sudah tak terhitung buku-buku sejarah dan salinan naskah kuno buton yang dimilikinya. Karena banyak bahan bacaannya yang hilang, ia kembali menyalin ulang berbagai naskah kuno Buton yang berisi kabanti (syair, sajak, puisi dan nyanyian) ataupun ajaran fikih dan tasawuf Buton yang bisa ditarik lagi sejarhnya hingga abad 16.


Salah satu naskah yang ia salin  antara lain Murtabat Tujuh, semacam konstitusi kesultanan buton. Naskah ini terdiri atas 12 bab dan 21 pasal yang mengatur secara rinci tata cara pemerintahan, wilayah kekuasaan, perpajakan, hak dan kewajiban pejabat serta pemilihan sultan.
Kesustraan buton, menurut Hazirun, mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan sultan ke-29 , La Ode Muhammad Idrus, pada pertengahan abad ke 19. Juga bahwa koleksi dokumen-dokumen Buton merupakan yang terbanyak ketiga di Nusantara setelah naskah Melayu dan Jawa.  
Kini dengan segala ilmunya, ia berharap generasi muda sekarang, khususnya generasi buton, mau melestarikan sejarah dan budaya leluhur mereka. 
klik untuk melihat versi bahasa Ingrisnya 

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner