Kegunaan umum SWOT dalam bisnis lebih pas dikaitkan dengan
filosofi Sun Tzu mengatakan KENALILAH
DIRIMU, KENALILAH MUSUHMU, MAKA PERTEMPURAN AKAN DIMENANGKAN.
Dalam konteks bisnis : MENEGENALI DIRI SENDIRI BERARTI
mengetahui kekuatan dan kelemahan. MENGENALI MUSUH bebrarti mengetahui apa
ancaman yang ditimbulkan oleh mereka, dan apa yang mereka mau.
Seperti halnya suatu pertandingan sepak bola, lawan (competitor)
akan menyerang pada titik lemah. Kalau dicermati iklan, apa yang ditonjolkan
diawal adalah hal yang menjadi kelemahn produk pesaing dan lalu memunculkan
keuatan yang mengalahkan kelemahan tersebut.
Dalam bahasa kasar mungkin begini kalimatnya :
PRODUK LAIN YANG ANDA PAKAI SEKARANG ITU BELUM PUNYA NILAI
MAKSIMAL.
UANG ANDA TERPAKAI UNTUK MEMBELI PRODUK CACAT.
Ini menyoroti kelemahan produk lain., lalu dilanjutkan dengan mengemukan kekuatan produk milik sendiri
BELILAH PRODUK DARI KAMI
ANDA TIDAK AKAN TERTIPU
baca lebih lanjut
Kegunaan umum SWOT dalam bisnis lebih pas dikaitkan dengan
filosofi Sun Tzu mengatakan KENALILAH
DIRIMU, KENALILAH MUSUHMU, MAKA PERTEMPURAN AKAN DIMENANGKAN.
Dalam konteks bisnis : MENEGENALI DIRI SENDIRI BERARTI
mengetahui kekuatan dan kelemahan. MENGENALI MUSUH bebrarti mengetahui apa
ancaman yang ditimbulkan oleh mereka, dan apa yang mereka mau.
Lebih rinci kegunaannya, sebagai berikut :
Penggunaan sumberdaya secara efisien
Perusahaan sebsar apapun pasti punya keterbatasan. Itu bisa
meliputi ketersediaan dan kemampuan sumberdaya manusia, kapasitas produksi,
modal dan lainnya.
Dengan mengetahui kekuatannya, perusahaan dapat megalokasikan
sumberdaya ini dalam cara potensi terbesar pertumbuhan pendapatan dan
profitabilitas.
Penetapan WHO DOES WHAT and HOW IS IT DONE bisa memberikan perbedaan pada tiap perusahaan. Bisa jadi beberapa kekuatan yang dimiliki tidak dikenali, sehingga belum dimanfaatkan secara tepat guna. Misalnya saja sumberdaya manusia tidak dipantau dengan baik akibatnya beberapa staf potensial tidak diberdayakan secara penuh sesuai peotensinya. Padahal disatu sisi potensi tersebut akan lebih memampukan perusahaan untuk suatu keunggulan kompetitif
Penetapan WHO DOES WHAT and HOW IS IT DONE bisa memberikan perbedaan pada tiap perusahaan. Bisa jadi beberapa kekuatan yang dimiliki tidak dikenali, sehingga belum dimanfaatkan secara tepat guna. Misalnya saja sumberdaya manusia tidak dipantau dengan baik akibatnya beberapa staf potensial tidak diberdayakan secara penuh sesuai peotensinya. Padahal disatu sisi potensi tersebut akan lebih memampukan perusahaan untuk suatu keunggulan kompetitif
Perbaikan operasi
Manajemen perusahaan kadang tidak mau mendengarkan berita
buruk. Konsekuensinya bisa jadi eksekutif takut mengemukan kelemahan
organisasi. Pengenalan atu bahkan penyampaian atas kelemahan
bukanlah dimaksudkan untuk menyalahkan pihak tertentu atas kinerja yang buruk.
Sebaliknya itu adalah media untuk memperbaiki titik rentan perusahaan. Titik rentan
itu harus dihilangkan karena pada titik itu lawan akan masuk.
Dengan mengenali
kelemahan, program dan kebijakan yang ditetapkan bukan suatu hal yang
sifatnya blunder dan mission impossible, bukan untung didapat melainkan bunting.
Lebih banyak capeknya daripada hasilnya.
Menemukan celah peluang baru
Perusahaan mana yang tidka mau tumbuh ? tentu untuk tumbuh
dan berkembang bisnis tidak hanya akan mandek pada satu titik, melainkan perlu
mengeksploitasi apa peluang yanga
ada.
Misalnya saja dengan mengupayakan pertambahan pelanggan,
distribusi produk yang lebih luas dari kampong hingga kota, dari anak-anak
hingga orang tua, pengembangan produk baru, ekspnasi.
Mengenali peluang yang ada sekarang dan juga yang akan dating
sama pentingnya.
Penanganan resiko
Ancaman ada dimana-mana. Terlihat jelas ataupun laten. Ancaman
juga diistilahkan dengan resiko. Tidak ada bisnis yang terlepas dari ancaman. Yang
bisa dilakukan adalah bersiap selalu dengan cara Kenali, dan berantas (KALI BERANTAS)
Penetapan posisi kompetitif
Mengetahui kelemahan dan kekuatan, memapukan perusahaan dalam
menentukan posisisnya disbanding dengan pesaing.
Seperti halnya suatu pertandingan sepak bola, lawan (competitor)
akan menyerang pada titik lemah. Kalau dicermati iklan, apa yang ditonjolkan
diawal adalah hal yang menjadi kelemahn produk pesaing dan lalu memunculkan
keuatan yang mengalahkan kelemahan tersebut.
Dalam bahasa kasar mungkin begini kalimatnya :
PRODUK LAIN YANG ANDA PAKAI SEKARANG ITU BELUM PUNYA NILAI
MAKSIMAL.
UANG ANDA TERPAKAI UNTUK MEMBELI PRODUK CACAT.
Ini menyoroti kelemahan., lalu dilanjutkan
BELILAH PRODUK DARI KAMI
ANDA TIDAK AKAN TERTIPU
No comments:
Post a Comment
Please leave acomment.
I`ll Reply it soon