Para
pemimpin bisnis menyadari bahwa sekarang ini perubahan adalah sesuatu yang tak
bisa dihin
dari. Derap langkah perubahan bahkan semakin cepat dan tidak terduga.
Segala arah bisnis mengalami kekacauan. Suatu
arus tentang teknologi komunikasi dan computer yang baru nyaris mengubah
bagaimana pekerjaan dilakukan. Dibutuhkan sebuah peta baru pengelolaan bisnis.
Para
pemimpin bisnis juga kadang terjebak dalam sebuah fakta bahwa dari semua
langkah (strategi) yang telah ditempuh, beberapa organisasi tidak dapat
meningkatkan performance. Lalu apa yang menjadi masalah? Liz Clarke
mengemukakan bahwa alasannya adalah bahwa langkah perubahan yang dilakukan
organisasi hanyalah peristiwa yang terjadi sekali- perubahan dicanangkan hanya
sebagai sebuah seremoni, layaknya peletakan batu pertama sebuah proyek lalu
kemudian ditinggalkan.
Gebrakan perubahan hanya menjadi slogan yang terbenam dalam
tumpukan dokumen. Para pimpinan bisnis dalam suatu momentum menyuarakan dan
menggalakan perubahan, namun hanya diikuti sikap “ business as usual” dan paradigm
sekedar perencanaan lebih baik dari tahun sebelumnya.
Buku
the Essence of Change menekankan bahwa manajemen perubahan sekarang ini menjadi
suatu bagian yang krusial dari persaingan. Bahkan sekarang ini muncul premis
yang amat menantang “ BERUBAH ATAU MATI”. Managing change effectively is a
source of competitive advantage Buku membahas tentang bagaimana membuat
perubahan dapat terjadi, melihat pengalaman perusahaan yang sukses maupun tidak
dalam praktek manajemen perubahan dan memberikan masukan praktis untuk proses
perubahan. Berubah untuk mencapai perbaikan prestasi yang berkelanjutan, bukan
seperti lampu blitz yang menyala sekali lalu mati.
Referensi
The Essence of Change by Liz Clarke
; Prentice Hall International (UK) Ltd,
No comments:
Post a Comment
Please leave acomment.
I`ll Reply it soon