Monday, February 15, 2016

Bagian I - Judul Buku : Leadership Engine Penulis : Noel M Tichy and Eli Cohen Penerbit : Harper Business Essential , New York


Telah lama seni dan ilmu leadership menarik perhatian dan minat banyak pemikir. Noel M Tichy and Eli Cohen telah mengkaji sejumlah besar pemimpin yang sukses dalam konteks menjadikan organisasi yang mereka pimpin sebagai winning organization. Menurut penulis, kemenangan yang diraih organisasi adalah terkait dengan leadership. Winning individual adalah juga para pemimpin. Individu ini adalah orang-orang dengan ide, nilai, energy dan nyali untuk melakukan hal yang perlu. Winning organization tercipta karena mempunyai banyak pemimpin. Garis yang memisahkan antara winning organization dengan yang lainnya yakni kemampuannya dalam menciptakan pemimpin pada setiap level organisasi. Dalam organisasi ini, mengajar dan memimpin dilakukan secara beriiringan.
Kepemimpinan dan relevansinya untuk organisasi : Istilah winning dapat dapat diuraikan sebagai menambah nilai bagi costumer dan menopang keunggulan secara terus menerus (sustain excellence) dalam sebuah winning organization, penulis mendapati fakta kepemimpinan sebagai berikut :
-         Para pemimpin tulen (proven leader) melakukan pengajaran
-         Para pemimpin antusias dan giat menjadi pembelajar
-         Para pemimpin cenderung memiliki : ide, nilai, energy, emosi dan edge
Agar bisa menang, bertahan dan tumbuh dalam jangka panjang, dibutuhkan pemimpin yang bisa menetapkan arah organisasi, mengarhkan ulang energy organisasi, memutuskan hal yang harus dikerjakan dan mewujudkan arah yang dikehendaki.
Seorang pemimpin dikatakan  sukses hanya bila ia mampu mengembangkan yang lainnya menjadi pemimpin.  Pemimpin yang hebat mencapai tujuannya melalui para pengikutnya – mereka mengajari pengikutnya untuk menjadi leader. Caranya adalah dengan mengajarkan sudut pandang mereka melalui gagasan yang jelas dan nilai berdasarkan pada pengetahuan dan pengalaman mereka, bukan didasarkan dari ide dan nilai-nilai yang dipinjam dari pihak lain.
Penulis berpandangan bahwa ungkapan yang mengatakan bahwa pemimpin yang luar biasa tercipta melalui suatu situasi keadaan yang luarbiasa adalah sebuah mitos. Setiap orang memiliki masa lalu. Orang-orang yang luar biasa (extraordinary people) sering-sering mengingat ulang atau melakukan refleksi atas pengalamannya sebagai sumber inspirasi dan merangkainya menjadi sebuah cerita yang memberi manfaat. Tim Teller (CEO Polaris) dan banyak pemimpin lainnya mendapatkan inspirasi dari pengalaman masa lalunya dan membangun gaya kepemimpinannya.
Penulis mengemukakan sebuah gagagsan menegnai winning leadership yang disebut Teachable Point of View  dengan unsur-unsur pokok meliputi gagasan (idea), Nilai (value), Emotional Energy dan Edge

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner