Wednesday, February 17, 2016

BERUBAH UNTUK MEMAHAMI DINAMIKA PASAR

Pasar punya karakter. Itu artinya pasar mempunyai kemampuan untuk berubah dan memaksakan perubahan pada selurih pemain dalam pasar. Saya pikir dua elemen penting yang ada dalam pasar adalah :
  1. -         Pembeli (konsumen
  2. -         Kompetitor
Mengabaikan kedua elemen ini bisa berakibat vatal. Bila perusahaan memaksakan memproduksi baranng yang sepsifikasinya tikad disesaikan dengan demand pasar, maka barang hanya akan bertumpukan digudang, tidak laku. Bisa saja manajemen berkata, tunggu momennya pasti akan laku juga. Dalam bisnis, paradigm seperti ini sama saja menggali lubang kegagalan. Bukankah modal kerja harusnya bisa berputar lebih cepat?

Lalu mengabaikan pesaing juga hal yang bisa sama buruknya dengan mengabaikan pelanggan. Dalam theory disruptive innovation, kehadiran pesaing dengan unique innovation bahkan terbukti mematikan perusahaan yang telah mapan. Lihat kasus bagimana Nokia tergeser oleh kehadiran perusahaan smartphone.
Beberapa contoh berubah untuk memahami dinamika pasar antara lain:
Ketika Sally Frame Kasaks meninggalkan posisinya sebagai CEO the Limted`s Abercrombie & Fitch untuk memangku posisi puncak di Ann Tylor Stores pada tahun 1991, dia tahu bahwa dia harus melakukan perubahan yang pertama pada produk yang ditawarkan jika ia ingin mengubah kerugian menjadi laba.
Pelanggan yang tidak puas mengeluhkan rendahnya kualitas produk-produk yang ditawarkan. Pelanggan lain tidak berbelanja ditoko Ann Tylor karena menginginkan pilihan pakain yang lebih luas (pakain elegan, pakaian kerja terkini, dan pakaian untuk berakhir minggu) daripada pakaian wanita tradisonal yang telah ada Manajemen strategis ; J. David Hunger & Thomas L. Wheelen, halaman 19

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner