Friday, February 19, 2016

Ujung-ujungnya Thesis : MAGISTER MANAJEMEN UNHAS


Karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa S2 disebut tesis, dan karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa S3 disebut disertasi.  Tesis merupakan karya ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian ilmiah. Beberapa definisi tesis:
Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi. Tesis juga dapat berarti sebuah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa. Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam Ilmu Pendidikan (https://id.wikipedia.org/wiki/Tesis)
tesis/te·sis/ /tésis/ n 1 pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi; 2 karangan ilmiah yang ditulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada suatu universitas (perguruan tinggi); disertasi http://kbbi.web.id/tesis
Jadi tidak salah kalau dikatakan dalam menempuh pendidikan, maka Ujung-ujungnya thesis.
Tahapan pembuatan thesis sangat menentukan. Beberapa menganggapnya sebagai fase yang menakutkan.Menentukan karena Kuliah yang telah dijalani pada S2 selama ini tidak akan berarti apa-apa bila thesis tidak dirampungkan. Tidak jarang ada kisah yang menceritakan bagaimana seorang mahasiswa tidak bisa menyelesaikan kuliahnya hanya karena tidak bisa merampungkan thesisnya. Ada juga yang menyelesaikan thesisinya setelah terdesak oleh waktu drop out.
Menakutkan karena penyusunan thesis melibatkan multi pengetahuan – pengetahuan riset, statistic, penguasaan disiplin ilmu yang dikaji (misalnya manajemen strategi) – juga harus dipertanggungjawabkan dalam suatu ujian sidang dengan penguji yang penguasaan ilmunya tidak diragukan lagi. Mahasiswa melakukan penelitian mandiri, menguji satu atau lebih hipotesis dalam mengungkapkan ‘pengetahuan baru’. Dengan bantuan pembimbing, mahasiswa merencanakan (masalah), melaksanakan; menggunakan instrumen, mengumpulkan dan menjajikan data, menganalisis, sampai mengambil kesimpulan dan rekomendasi.
Tidak menguasai ilmunya pembuatan thesis bisa jadi adalah alasan munculnya ketakutan seorang mahasiswa. Mahasiswa sebenarnya telah dibekali mengenai cara penyusunan thesis dalam mata kuliah Penelitian Business pada catur wulan II. Saya mungkin masuk dalam kategori yang tidak terlalu focus saat menjalani kuliah ini. Ini menghadirkan masalah sendiri dan saya harus membuka kembali buku panduan dan mengingat ulang penjelasan Dosen.
Ini memang berat.. berat.. Benarlah ungkapan yang saya dengar, mengerjakan sesuatu tanpa ilmu, sama saja berjalan dalam kegelapan., Sama saja dengan dengan seorang petualang dialam terbuka yang tidak punya kompas. Hanya berputar-putar dan tanpa disadarinya dia sebenarnya tidak bergerak maju.
Lihat Juga
[PDF]pedoman penulisan jurnal - Universitas Hasanuddin pasca.unhas.ac.id/pdf/Pedoman-jurnal-ok.pdf

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner