Sunday, February 7, 2016

Proses Perubahan


Apa yang tidak berubah dalam kehidupan kita? Seorang manusia mengalami fase perubahan, dari anak menjadi dewasa, menjadi tua. Waktu silih berganti siang dan malam, laut pasang surut. Semua berubah. Yang tidak berubah adalah fakta mengenai Kematian. Setiap yang bernyawa pasti akan mati.
Buku The Essence of Change membahas:
  • Perubahan adalah suatu fakta yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis ,
  • Proses perubahaan organisasi tidak selalu berjalan mulus, sekalipun perubahan menjadi sebuah tuntutan
  • Dibutuhkan keahlian manajemen perubahan untuk menghasilkan suatu proses perubahan yang berhasil
  • Pemahaman bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata antara perubahan organisasi dan perubahan pribadi, bisa membantu dalam mengelola proses perubahan yang berhasil
Sebuah usulan perubahan dapat dirasakan sebagai sebuah bel bahwa kita akan melompat kedalam sebuah ruangan hijau yang menakutkan.
Coba ingat kembali respon kita saat manajemen kantor mengumumkan sebuah usulan perubahan system.
  1. Kita mulai gelisah,
  2. kita mulai memikirkan bagimana cara menghindari bahkan menolak system baru yang disulkan
  3. Kita mengkritik pendekatan yang diusulkan sebagai sesuatu yang sia-sia
  4. Kita membicarakan sipengusul ide sebagai pencari masalah
Intinya kita menolak perubahan. Clarke mengatakan bahwa menolak perubahan adalah reaksi yang umum. Meski perubahan pada bisnis berjalan secara rutin hari ke hari seperti pengenalan produk baru, wajah baru, system baru, perubahan akan selalu diikuti oleh intrik politik, pertengkaran, stress, keragu-raguan dan sabotase-hambatan. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi, padahal disatu sisi usulan perubahan adalah momentum yang membuka pintu menuju sukses ? Lebih lanjut Clarke mengemukakan bahwa “Semakin banyak anda tahu tentang proses yang akan dilalui semakin dapat anda mengelola diri sendiri serta membantu yang lain melewati suatu proses perubahan. Memberi pengertian tentang proses perubahan pada sebanyak mungkin orang dalam bisnis berarti menciptakan sebuah perbendaharaan kata bersama, melegitimasi kesakitan dan ketidaknyamanan perasaan orang, membiarkan mereka tau apa yang diharapkan serta menciptakan perasaan bahwa kita semua bersama-sama menghadapinya.”
Referensi
The Essence of Change by Liz Clarke ; Prentice Hall International (UK) Ltd,
Read also :

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner