Monday, February 15, 2016

Bagian II - Judul Buku : Leadership Engine Penulis : Noel M Tichy and Eli Cohen Penerbit : Harper Business Essential , New York


Penulis mengemukakan sebuah gagagsan menegnai winning leadership yang disebut Teachable Point of View  dengan unsur-unsur pokok meliputi gagasan (idea), Nilai (value), Emotional Energy dan Edge
Gagasan : intisari kepemimpinan
Intisari kepemimpinan adalah gagasan. Winning organization dibangun diatas sebuah ide yang jelas. Ide bertindak sebagai pemberi energy, alat untuk memotivasi orang. Pada tahun 1961 John F Kennedy mendeklarasikan bahwa Amerika akan menempatkan orang di bulan dalam masa sepuluh tahun berikutnya. Gagasan ini menjadi tenaga penggerak bagi lembaga  NASA untuk merencanakan semua aktivitasnya. Gagasan ini juga menjadi tenaga pendorong bagi semua personel di NASA untuk memikirkan dan membuka peluang kreativitas baru dan keputusan alternative. Akhirnya Amerika menempatkan orang di bulan (Neil Amstrong) kurang dari 10 tahun, yakni 1969.
Leadership adalah mengenai penciptaan ide. Ide tersebut  perlu relevan dengan konteks situasi pasar eksternal. Dalam menciptakan ide, seseoang harus berpikir mengenai hal yang tidak terpikirkan dan menggunakan segala sesuatu yang ada disekitarnya.



Nilai : Batu ujian  relevansi sosial
Setelah ide, hal pokok berikutnya yakni nilai (value). Moral dan nilai selalu menjadi landasan masyarakat. Winning leaders mengakui signifikansi nilai-nilai korporat yang menopang tujuan organisasi dan memastikan setiap orang dalam organisasi memahminya dan hidup dalam nilai-nilai tersebut. Para pemimpin ini :
-         Membahasakan dengan jelas kumpulan nilai untuk seluruh organisasi
-         Secara terus menerus merefleksikan diri pada nilai untuk memastikan nilai tetap sesuai dalam usaha pencapaian tujuan yang dikehendaki
-         Mereka mewujudkan nilai dalam perilaku mereka sendiri
-         Mereka secara agresif mengkonfrontasi dan menangani pengabaian dan perlawanan
Winning leaders   juga memastikan bahwa dalam kondisi perubahan teknologi dan pasar, ide dan nilai tetap terus sesuai. Salah satu pembeda antara winning organization dengan yang lainnya yakni bahwa winning leaders hidup berdasarkan suatu nilai dan juga membuat seluruh pihak dalam organisasi melakukan hal yang sama. Pemimpin membantu menginternalisasi nilai dalam operasi harian dan dalam setiap proses.
Mengubah nilai yang dianut oleh orang lebih sukar disbanding bila mengubah idenya, namun dalam perspektif jangka panjang , mengubah nilai adalah hal yang esensial. Agar perubahan bisa menjadi efektif, para pemimpin perlu melakukan reorientase ulang nilai yang mengarahkan tindakan orang.
Emotional Energy : tenaga pengikat
Organisasi memiliki energy karena terbentuk dari energy orang-orang yang ada didalamnya. Winning leaders memahami hal ini. Dengan kesadaran ini maka para winning leaders memelihara energy positif, mengarahkannya kedalam saluran kreatif, menggunakan energy sebagai tool kompetitif. Para winning leaders memeiliki energy yang tinggi , baik secara fisik maupun emosional. Karakter tersebut menggairahkan dan memberi yang lain energy.
 Winning leaders menggunakan system operasi seperti rapat, saluran komunikasi dan media lain untuk secara inovatif membangkitkan energy emosional yang positif. Mereka mampu mentransformasi energy negative menjadi energy positif.
Edge : pembeda
Istilah Edge didefinisikan sebagai kemampuan untuk membuat keputusan yang sulit; kemampuan untuk mengorbankan kenyamanan yang telah diraih dimasa sekarang untuk masa depan yang jauh lebih baik.
Edge bisa diamati dalam kategori situasi yang berbeda. Terkait dengan situasi bisnis, edge berarti meninggalkan lini bisnis yang ada sekarang  dan memilih lini yang lainnya, mengadopsi sebuah portofolio yang baru atau semacamnya. Dalam situasi yang berkaitan dengan orang,  edge adalah mengenai menilai (assessment) orang dan memberi mereka umpan balik yang keras  dan bahkan pada itik ekstrim memecat mereka.  Jack Welch mengemukakan people assessment matrix 2 x2. Matriks ditujukan untuk assemnet kemampuan orang dalam menerima dan mengadopsi nilai organisasi.

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner