Monday, February 15, 2016

Bagian III - Judul Buku : Leadership Engine Penulis : Noel M Tichy and Eli Cohen Penerbit : Harper Business Essential , New York


BOOK LEADERSHIP ENGINE
Kepemimpinan menjadi isu menarik dalam organisasi. Pemimpin dipuji atas keberhasilannya membuat organisasi yang dipimpinnya sukses. Dalam kondisi ini pemimpin dihadiahi perlakukan istimewa dari manajemen perusahaan. Namun demikian, pemimpin juga menjadi orang yang pertama dimintai tanggungjawab saat perusahaan yang dipimpinnya gagal menunjukan kinerja yang bagus. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, agar bisa menang, bertahan dan tumbuh dalam jangka panjang, dibutuhkan pemimpin yang bisa menetapkan arah organisasi, mengarhkan ulang energy organisasi, memutuskan hal yang harus dikerjakan dan mewujudkan arah yang dikehendaki.
Noel M Tichy and Eli Cohen dalam bukunya “ Engine Leadership” mengemukakan nilai penting pemimpin dalam organisasi. Pemimpin bertanggungjawab untuk menciptakan winning organization. Ukuran keberhasilan pemimpin bukan lagi hanya dilihat dari indicator kinerja keuangan. Untuk bisa sukses dalam jangka panjang (sustainable), pemimpin dituntut untuk melakukukan regenerasi pemimpin. Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu menciptakan individu pengikutnya menjadi pemimpin.

Menjalankan kepemimpinan yang sukses bukan perkara mudah. Buku Leadership Engine menunjukan alat atau mesin (engine) yang menggairahkan kepemimpinan. Mengubah nilai yang dianut oleh orang lebih sukar disbanding bila mengubah idenya, namun dalam perspektif jangka panjang , mengubah nilai adalah hal yang esensial.
Agar perubahan bisa menjadi efektif, para pemimpin perlu melakukan reorientase ulang nilai nyang mengarahkan tindakan orang. Juga, para pemimpin harus menjadi role model - . Para winning leaders memiliki energy yang tinggi , baik secara fisik maupun emosional. Karakter tersebut menggairahkan dan memberi yang lain energy.
Dalam beberapa kejadian, pemimpin bisa saja harus mengambilan tindakan keras. Dalam situasi yang berkaitan dengan orang,  edge adalah mengenai menilai (assessment) orang dan memberi mereka umpan balik yang keras  dan bahkan pada itik ekstrim memecat mereka.
Noel M Tichy and Eli Cohen  juga menyatakan bahwa pemimpin harus menjadi winning leader. Winning leadership adalah menyangkut tindakan membangun untuk masa depan. Dalam jangka pendek, para pemimpin menyiapkan organisasi untuk merespon perubahan. Dalam jangka panjang, pemimpin menciptakan organisasi untuk bisa terus sukses. Organisasi hanya bisa menjadi sukses ketika mempunyai banyak stok pemimpin.

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner