Thursday, April 9, 2015

Human Resources Department


Apa jawaban saat ditanyai hal yang anda ketahui tentang HRD atau sumber daya manusia? Jawabannya boleh jadi beragam, dan bisa jadi terkait dengan pada level masa kerja dalam sebuah perusahaan:
   
   1.     Kandidat pekerja
HRD  adalah departemen pertama yang dihubungi saat akan menanyakan lamaran kerja ataupun mengajukan surat lamaran kerja. Mereka pulalah yang menelpon memberitahukan jadwal test serta menyampaikan hasil tes.
Saat baru akan masuk, merekalah yang dihadapi saat penandatanganan kontrak kerja, menjelaskan hak dan kewajiban sebagai karyawan.
Lalu dihari pertama kerja, diperkenalkan dengan lingkungan kerja dengan mengajak keliling ke seluruh departemen,

   2.     Pekerja tetap
HRD yang memonitor kehadiran saya, mengajukan klarifikasi atas ketidak hadiran dan lalu memotong tunjangan kehadiran saat tidak dapat diklarifikasi alasannya, menyaring jumlah cuti yang diajukan karyawan, mengurus penggajian dan keputusan karir melalui penilaian akhir tahun.

Bagaimana teori manajemen sumberdaya manusia memandang pelaksanaan fungsi HRD? Mengapa ada Complaint yang ditujukan oleh sebagian karyawan atas fungsinya? Mengapa satu karyawan lebih menonjol perkembangan karirnya dibanding yang lain saat secara factual skill, knowledge, ability dan other related attribute sama? seberapa jauh fungsi dept. HRD dalam menjembatani kepentingan karyawan dengan stakeholder lainnya?

Materi manajemen sumberdaya manusia akan membantu memahami konsep pengelolaan manajemen sumberdaya manusia : bagaimana staf dan bos (manajer) sumberdaya manusia seharusnya menjalankan fungsinya dan hubungan lintas kordinasi dengan departemen lain dalam bersinergi untuk mewujudkan tujuan strategis perusahaan.

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner