Thursday, April 16, 2015

Konsep dan isu pemasaran

Kotler , pakar marketing management yang buku karyanya digunakan sebagai referensi pada berbagai perguruan tinggi diseluruh dunia, menyebutkan Marketing is everywhere.
Pernyataan ini tidaklah berlebihan bila mengingat sekarang kita dikepung dengan berbagai aktivitas marketing. Saat mulai menyetel radio atau televise, kita akan dijejali berbagai iklan. Dijalanan, mata kita tidak pernah terlepas dengan papan reklame. Bahkan diperempatan lampu merah, sekelompok orang bersegera memanfaatkan lampu merah sebagai waktu untuk membagikan brosur dan pamphlet.
Kemajuan teknologi
makin menggilakan dunia marketing. Dengan sekali tekan tombol, kita bisa menemukan berbagai tawaran produk lewat handphone; kapan dan dimanapun. Juga tanpa diduga, telepon bordering dari nomor yang tak terdaftar pada contact list yang ternyata adalah agen yang menawarkan produk.  Marketing is embedded in everything we do.  

Memahami manajemen marketing dimaksudkan untuk menjadikan aktivitas marketing sebagai suatu aktivitas yang excellent. Dalam aliran proses diperusahaan, marketing berada dilini terakhir. Namun demikian Fungsi marketing menjadi krusial ditinjau dari perannya dalam mengkonversi produk menjadi cash. Perubahan zaman menjadikan peran ini complicated dengan Factor siginiikan penyebabnya yakni transaformasi customer yang makin bersifat newly empowered customer dan munculnya pesaing baru.
 
Dengan kata lain customer mengalami perubahan cara pandang dalam pemenuhan kebutuhannya yakni bukan hanya berorientasi produk namun juga didasarkan pada kandungan nilai yang menyertai suatu tawaran produk. Pergeseran ini makin diperkuat dengan kehadiran pesaing baru yang melahirkan keragaman pilihan bagi customer.
 
Mencapai level good marketing bukanlah sesuatu yang kebetulan, namun merupakan hasil perpaduan antara perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Namun demikian dengan tuntutan akibat perubahan Era, good marketing skill tidak lagi memadai. Tumpuan sukses perusahaan bergeser pada menjadi Excellent Marketing.    Jadi  Skillful marketing  tidak berhenti pada satu titik tertentu, namun terus berubah untuk tercapainya excellent marketing. “ change or die”.
 
Isu-isu pokok Marketing yang dikemukakan oleh Kotler antara lain :
1.Bagimana cara mencari tau dan memilih segmen pasar yang tepat
2.Bagaimana cara melakukan diferensiasi penawaran kepada konsumen
3.Bagaimana cara merespon nasabah yang dalam membeli hanya menggunakan pertimbangan harga
4.Bagaimana cara melakukan penyesuaian panawaran untuk tiap karakteristik nasabah berbeda
5.Bagimana cara membangun merek yang kuat
6.Bagaimana cara mengetahui dan memilih nasabah yang memberi kontribusi lebih besar kepada   perusahaan
7.Bagaimana cara mengukur payback aktivitas promo, iklan dan public relation
8.Bagaimana cara memperbaiki produktivitas sales
9.Bagaimana cara melibatkan departemen lain untuk juga ikut berorientasi nasabah
 
Secara ringkas isu terfokus pada loyalitas, integratif  dan cost-efective marketing activity.
Referensi : manajemen marketing edisi 12 oleh Kotler

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner