Tuesday, April 14, 2015

Lanjut studi S2: untuk apa?


Pinginka dapat gelar master Manajemen..

Mengenyam pendidikan setinggi-tingginya pastilah harapan semua orang. Bukankah kita mengenal satu falsafah umum “ tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Upaya yang tentu saja tak mudah dizaman sekarang ini dimana harga untuk setetes air bahkan mulai terasa mahal.
Lantas ada yang lalu mulai memperjelas sasaranku? “ “Diperusahaan masalah terpenting bukan apakah anda bergelar master atau sarjana, atau bahkan sekalipun tak berpendidikan sama sekali. Yang menjadi penilaian anda adalah anda bisa mengerjakan yang jadi tanggung jawab anda.”. Begitulah beberapa diantara penjelasan yang mengemuka.
Hmm.. kupikir ada yang dilupakan oleh mereka..
menjalankan sesuatu tanpa ilmu sama saja dengan berlayar disamudra tanpa navigasi.

Namun demikian Semua masukan ini tentu berarti bahkan bernilai tak terhingga; Secara tidak langsung,  Setidaknya ini sebuah tantangan dari mereka semua untuk penegasan atas keputusanku. Agak terlambat memang eksekusinya namun Semua tentu ada momentumnya.
Keprihatinan mereka rasanya juga bukan tanpa alasan mengingat perjalanan nantinya tidak akan mudah : costly and time consuming. Dari sisi pembiayaan ini akan menjadi berat karena harus self-funded. Pemeo besar pasak dari tiang, hampir akan membebani. Belum lagi aspek Time consuming. Menjalani studi berarti ada tambahan waktu serius dari yang awalnya mungkin hanya harus urusan kantoran yang menjadi tanggung jawab, akan campur aduk dengan waktu pendalaman materi studi.
Apapun yang jadi cita-cita atau angan-angan yang mendasari keputusan melanjutkan studi, hasilnya juga akan banyak dipengaruhi oleh system pendidikan yang dimasuki. Misi universitas yang anda pilih sebagai tempat menimba ilmu memberi warna akan seperti apa nantinya bila telah menyelesaikan studi.
Beberapa misi universitas yang menyediakan  program magister manajemen antara lain :
Magister manajemen unhas :
Menyediakan sumberdaya manusia yang berkemampuan tinggi dibidang bisnis dan manajemen yang visioner, berwawasan luas, mandiri dan mampu bersaing melalui proses pendidikan berbasis learning. (sumber : brosur magister manajemen fakultas UNHAS)

MM Universitas Gajah Mada :
“Menyelenggarakan pendidikan tinggi strata dua yang berkualitas dan menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk membentuk pribadi manajer profesional yang handal dengan karakteristik: bermoral dan beretika, berjiwa kepemimpinan yang visioner dan transformasional, berkeahlian (soft skills), pembelajar mandiri (self and fast learner), serta memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kuat pada bidang yang menjadi minatnya (strong in knowledge).” (Sumber : http://mmugm.ac.id/index.php/2012-02-16-08-04-57/visi-dan-misi)

Jadi untuk apa melanjutkan S2 dan akan bagaimana anda nantinya adalah perpaduan hasil dari cita-cita pribadi dan siapa dan apa yang mendidik anda.
Selamat berjuang & tetap waspada:

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner